Sabtu, 18 Juni 2011

Contoh RPP kelas XI

UNIT TREN DAN GAYA HIDUP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 7

IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
ASPEK PEMBELAJARAN Berbicara
STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara

KOMPETENSI DASAR Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu

INDIKATOR Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

ALOKASI WAKTU 4 x 45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN Siswa mampu melakukan wawancara dan menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
Siswa mampu membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif

MATERI POKOK PEMBELAJARAN Teks dialog tanya jawab wawancara
Daftar pertanyaan wawancara
Contoh rangkuman hasil wawancara
Cara membuat rangkuman


METODE PEMBELAJARAN

v Presentasi
v Diskusi Kelompok
v Inquari
v Tanya Jawab
v Penugasan
Demontrasi /Pemeragaan Model

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi) Guru mengomentari salah satu gaya hidup yang sedang tren di masyarakat atau kalangan remaja pada umumnya. Misalnya, banyak remaja putri yang menggilai dunia sepakbola, artis yang menikah dalam usia muda, pejabat melakukan poligami. Guru meminta pendapat beberapa siswa tentang fenomena tersebut.
Guru mengajak siswa untuk mendengarkan tanggapan pakar atau tokoh masyarakat tentang persoalan tersebut yang terungkap dalam suatu wawancara. (Guru memperdengarkan/membacakan penggalan dialog wawancara)



INTI Pertemuan ke-1 ( 90)
Siswa menyaksikan simulasi adegan wawancara dan mencermati pertanyaan serta jawaban narasumber.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan seputar topik dan latarbelakang jalannya wawancara.
Siswa ditugasi mencari contoh artikel dialog wawancara dan membuat rangkuman tanggapan narasumber atas topik yang dibicarakan
Siswa membaca penggalan-penggalan teks wawancara dan mendiskusikan maksud tanggapan narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan. Setelah selesai, secara bergantian wakil kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan jawabannya.
Secara berkelompok siswa membuat persiapan wawancara: menentukan topik, narasumber, dan membuat daftar pertanyaan wawancara.
Siswa melakukan wawancara ( dilakukan di luar jam)

Pertemuan ke-2 ( 90’)
Siswa mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara.
Siswa membuat rangkuman hasil wawancara dengan menjelaskan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu
Wakil setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan rangkuman dan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu dari hasil wawancara yang dilakukan
Guru memberikan apresiasi dan ulasan atas presentasi hasil kerja setiap kelompok.

PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

SUMBER BELAJAR

V Pustaka rujukan Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 44-47
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269
Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 55-66
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
V Material: VCD, kaset, poster rekaman wawancara dengan seorang tokoh masyarakat atau publik figur

Mediacetak dan elektronik
Website internet
Narasumber
V Model peraga siswa yang memeragakan/menyimulasikan adegan wawancara
V Lingkungan Lingkungan masyarakat sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK V Tes Lisan
V Tes Tertulis
V Observasi Kinerja/Demontrasi
V Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL

Tugas untuk menjelaskan maksud jawaban narasumber dalam menanggapi pertanyaan wawancara tentang suatu topik tertentu.
Tugas untuk melakukan wawancara dan menjelaskan maksud tanggapan narasumber tentang topik tertentu yang dibicarakan
Tugas untuk membuat rangkuman hasil wawancara
Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)



RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 8

IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
ASPEK PEMBELAJARAN Menulis
STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

KOMPETENSI DASAR Menulis surat kuasa

INDIKATOR Menulis surat kuasa sesuai keperluannya
Menjelaskan isi surat kuasa
Memperbaiki surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

ALOKASI WAKTU 3 x 45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN Siswa mampu menulis surat kuasa secara benar

MATERI POKOK PEMBELAJARAN Beberapa contoh surat surat kuasa
Ciri-ciri surat kuasa
Sistematika dan format pengetikasn surat kuasa
Unsur-unsur atau struktur isi surat kuasa
Ragam bahasa surat kuasa


METODE PEMBELAJARAN

Presentasi
v Diskusi Kelompok
v Inquari
v Tanya Jawab
v Penugasan
Demontrasi /Pemeragaan Model

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi) Guru menyampaikan sebuah ilustrasi cerita: dalam waktu bersamaan seseorang harus melakukan dua agenda yang sama pentingnya. Guru menanyakan kepada siswa, apa yang harus dilakukan oleh orang tersebut agar kedua agenda itu dapat berjalan tanpa ada yang dikorbankan.
Guru membacakan selembar kertas (berupa surat kuasa) yang bisa memberi jalan keluar atas persoalan yang dihadapi orang tersebut.
Guru membimbing pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa ada suatu jenis surat yang disebut surat kuasa



INTI Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa mencermati contoh surat kuasa yang disajikan di buku teks.
Siswa mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa yang telah dibacanya.
Guru menjelaskan fungsi, jenis, status, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat kuasa.

Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)
Siswa menulis surat kuasa untuk keperluan tertentu
Siswa saling menukarkan surat kuasanya dengan teman semeja/dekat untuk diedit
Siswa memperbaiki surat kuasanya berdasarkan hasil penyuntingan teman

PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

SUMBER BELAJAR

V Pustaka rujukan Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 47-49
Surat Menyurat dan Komunikasi untuk SMA terbitan Galaxy Puspa Mega
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
Material: VCD, kaset, poster

V Mediacetak dan elektronik beberapa contoh asli surat kuasa dengan berbagai keperluan
Website internet
Narasumber
Model peraga
Lingkungan Lingkungan masyarakat sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK Tes Lisan
v Tes Tertulis
Observasi Kinerja/Demontrasi
V Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL

Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan struktur surat kuasa
Tugas untuk menulis surat kuasa
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Rubrik penilaian tugas menulis surat kuasa (terlampir di bawah)



RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 9

IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
ASPEK PEMBELAJARAN Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI Memahami pementasan drama

KOMPETENSI DASAR Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama

INDIKATOR Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
Menentukan tema dengan alasan
Menentukan pesan dengan data yang mendukung
Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.

ALOKASI WAKTU 3 x 45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN Siswa mampu mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama

MATERI POKOK PEMBELAJARAN Rekaman drama yang mengandung unsur peristiwa, penokohan, konflik, pesan, amanat, isi drama


METODE PEMBELAJARAN

v Presentasi
v Diskusi Kelompok
v Inquari
v Tanya Jawab
v Penugasan
Demontrasi /Pemeragaan Model

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi) Guru menyebut judul (bila memungkinkan Guru memutarkan cuplikan) film terbaru atau sinetron di televisi yang sedang digemari dan menanyakan kepada siswa siapa yang telah menonton atau mengikutinya.
Siswa yang mengaku menonton diminta untuk menceritakan sekilas film/sinetron tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan panduan yang diajukan Guru. Pertanyaan diarahkan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.



INTI Pertemuan ke-1 (45’)
Siswa diminta mengingat dan menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita drama.
Guru menjelaskan secara lebih mendalam unsur peristiwa, dialog, tokoh, dan konfliks dalam cerita drama. Sebelumnya, Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya tentang beberapa hal terkait unsur-unsur tersebut.

Pertemuan ke-2 ( 90’)
Siswa menyaksikan pemutaran rekaman pertunjukan drama/sinetron/ film
Siswa bergabung dalam kelompok dan berdiskusi untuk menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengungkap tokoh dan perwatakannya, peristiwa penting, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Siswa membuat sinopsis cerita drama/sinetron/film yang disaksikannya.
Siswa menyusun makalah sederhana untuk melaporkan hasil diskusi kelompok.
Secara bergantian, kelompok mempresentasikan di depan kelas dan ditanggapi oleh kelas.

PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

SUMBER BELAJAR

V Pustaka rujukan Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 49 - 54
Pengantar Bermain Drama karya A. adjib Hamzah terbitan CV Rosda Karya
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah
V Material: VCD, kaset, poster rekaman pertunjukan drama/film/sinetron

Mediacetak dan elektronik
Website internet
Narasumber
Model peraga
Lingkungan Lingkungan masyarakat sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK V Tes Lisan
V Tes Tertulis
V Observasi Kinerja/Demontrasi
V Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V Pengukuran Sikap
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL

Tugas diskusi kelompok untuk mengungkapkan unsur peristiwa, tokoh dan perwatakannya, pesan moral, dan konfliks yang dialami tokoh.
Tugas untuk membuat makalah sederhana dan mempresentasikannya di depan kelas.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI Blangko observasi dan penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok serta mempresentasi (terlampir di bawah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar